Minggu, 08 Juni 2014

Tips Memilih Jalan


Dalam menentukan pilihan, biasanya mampir rasa keraguan dan kebingungan. Hal ini bisa karena pengetahuan kita yang tidak cukup tetang hal tersebut. Atau karena tidak tahu apa sebenarnya passion kita. Dalam artian pilihan yang gue banget. Contoh momentum yang krusial  misalnya pemilihan jurusan di SMA, Jurusan di pergurun tinggi, pekerjaan, bahkan mungkin pasangan. Saya rasa kegalauan ini hampir menghampiri setiap orang. Hal ini bukanlah sebuah masalah, tapi maslahnya adalah bagaimana kita menyikapinya.
Nah disini kita akan coba bahas tentang seni menentukan pilihan. Nah untuk memudahkan hal ini, hal yang pertama yang harus di pahami adalah apa passion kita sebenarnya. Kita coba ambil kasus dalam pemilihan jurusan di perguran tinggi. Misalnya Rani suka mendengarkan oranglain curhat dan membantu memecahkan masalahnya. Setiap kali rani bisa memabantu orang, rani sangat enjoy walaupun dia  sangat cape. Apalagi jika sesudahnya rani di traktir sama temannya. Nah rani dapat di glongkan bahwa rani cocok jika mengambil jurusan psikologi. Karena akan lebih mendalami tentang ilmu kejiwaan dan potensi dirinya mampu di maksimalkan. Dapat kita simpulkan bahwa passion itu adalah kegiatan yang kita lakukan dengan senang, enjoy menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakannya, dan lebih ajib lagi kegiatan  ini menghasilkan.
Masih bingung menetukan passion ? coba deh lakukan hal ini. Tips ini saya dapatkan dari kek Jamil Azzaini. Coba tuliskan pengalaman-pengalaman sahabat dalam sebuah kertas, tidak usah terlalu banyak mikir. Tuliskan aja semaunya se enaknya tanpa beban. Jika sudah, silahkan baca ulang tulisan sahabat. Silahkan baca dengan seksama, karena boleh jadi pengalaman- pengalaman ini adalah rekam jejak sahabat yang menggambarkan passion sahabat sebenarnya. Kalau sahabat masih ragu, coba tanyakan pada teman dekat tentang kelebihan yang sahabat miliki. Coba tanyakan kebeberapa orang, dan nanti simpulkan oleh sahabat kecenderungan dari semua jawabn-jawabanya. Dan bandingkan dengan tulisan yang sudah sahabat buat sebelumnya. Semoga dengan hal ini sahabat bisa terbantu dalam menentukan passion sahabat.
Nah seni dalam menentukan pilihan adalah Cari informasi sebanyak mungkin, Pilihlah sesuai dengan passion, minta pertolongan dari Allah SWT. Point yang terakhir sangatlah penting dan saya sarankan jadi langkah pertama yang sahabat lakukan. Pertolongan dan petunjuk dari Allah SWT adalah sangat berharga dan mahal harganya. Karena Allah SWT lebih mengetahui diri kita dari pada diri kita sendiri. Mengetahui hal hal yang nyata dan yang tersembunyi. Allah yang Maha mengatur kehidupan, maka dekatilah, supaya langkah kita mendapat petunjuk dari-NYA. Sahabat bisa melakukan shalat istikharah, mohon petunjuk dan memilih pilihan yang terbaik yang mengundang keridhoan Allah swt. Perbanyak amal shaleh dan jauhi amal salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar