Senin, 30 Juni 2014

Cara Jitu Shalat Tarawih Tanpa Ngantuk

Pagi ini di tengah Ujian Akhir semester 6, saya menyempatan menulis tentang Tips and Trik supaya gak ngantuk saat shalat tarawih. Begini sahabat, base on experience biasanya kalau lagi shalat tarawih itu bawaanya ngantuk dan gak kuat buat shalat. Nah ini karena kita biasaanya makan yang terlalau berlebihan saat berbuka, segala macem di lahap, sop buah 2 mangkok, nasi satu piring, belum lagi kolak pisang.hhha
Saya rasa setiap orang pernah mengalami ngantuk kayak gini. Nah saya ingin berbagi tips supaya bisa terhindar dari ngantuk dan dapat memberikan performa ibadah yang optimal.
Saya akan sampaikan lewat sebuah cerita, sekitar 5 tahun yang lalu saat kakek saya masih ada, saya manggilnya akak. Jangan tanya kenapa saya manggil gitu yah, soalnya saya ikutin ibu, uwa dan saudara yang lain, Mereka semua manggil akak. Akak ini bukan kakek saya asli, tapi emang orang yang dituakan dan dekat dengan keluarga, tentunya masih ada garis turunan keluarga. Beliau yang mengajarkan saya banyak hal, mulai dari tata cara shalat, sampai cerita tentang rekam jejak masa mudanya dulu.
Ok langsung aja deh ya,ke soal tips menghindar dari rasa ngantuk.
Akak ini sering menginap di rumah saya, pada saat bulan ramadhan. Beliau ini tidak pernah makan bareng saat berbuka. Tapi cukup minum kolak saja dan satu linting tembakau, maklum kakek- kakek.
Shalatnya rajin dan seakan power full kalau lagi shalat, gak ada cape dan malesnya sama sekali. Nah ternyata memang beliau ini, makan beratnya di lakukan setelah shalat tarawih, jadi saat tarawih bisa kuat dan power full. Gak ngantuk- ngantuk maksudnya...ketangkep kan intinya.
Hematnya tips supaya tidak ngantuk shalat tarawih seperti ini:
1.       Jangan makan berlebihan saat berbuka, secukupnya saja.
2.       Saran saya makan berat dilakukan setelah shalat tarawih
Insyallah deh, kalau perut kita gak kembung- kembung amat. Shalatnya akan lebih khusyuk dan lebih full power.hhhe
Oh iya, saya sering bertanya- tanya kalau masuk bulan ramadhan, dan mungkin ini juga menjadi pertanyaan sahabat semua. Tentang shalat tahajud di bulan ramadhan, apakah boleh/tidak ? dan harusnya bagaimana ?
Jawaban ustad, ada yang bilang boleh saja shalat tahajud, jadi nanti kalau shalat tarawih tanpa shalat witir, sekalian setelah shalat tahajud.
Nah saya baru menemukan jawaban yang lebih meyakinkan diri saya pribadi tentang persoalan ini. Semoga ini bisa membantu sahabat yang lagi bingung juga.
Dari Dr. H. Aam Amiruddin, Msi dalam mengisi kajian percikan iman rutin setiap hari di Os radio (103.1 fm). Beliau menyampaikan bahwa,  dalam hadis imam bukhori dari Aisyah “ Rasulullah baik di bulan ramadhan ataupun di bulan- bulan biasa, Rasul shalat malam tidak lebih dari 11 rakaat  dengan kombinasi 4 rakaat salam, 4 rakaat salam dan witir 3 rakaat” . Dalam elaborasinya, beliau menyampaikan shalat tarawih adalah pengganti shalat tahajud di bulan bulan biasa. Jadi kalau sudah shalat tarawih tidak perlu lagi shalat tahajud. Kalau mau shalat tahajud berarti tidak shalat tarawih.
Yah memang ada hadis yang lain dan berbagai pendapat akan hal ini, belum lagi perberdaan kenapa shalat tarawih rakaatnya beda- beda. Saya rasa itu bukanlah suatu hal yang perlu di perdebatkan, karena hal itu  memang sudah terjadi sejak jaman para sahabat. Beliau juga menyampaikan, perbanyaklah amal- amal baik, tetapi amalan baik yang seperti apa ? yaitu amalan yang di contohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Wallahu’alam bi sawab.
Nah kalau mau lebih mendalam tentang landasan/ asal-usul jumlah rakaat shalat tarawih, sahabat bisa berkunjung ke situs berikut , semoga menambah ilmu, wawasan dan semoga bermanfaat.


1 komentar: