Rabu, 04 Juni 2014

Inspirasi Berbisnis dari Rasululloh



Bagi sahabat yang mencari inspirasi dan rujukan dalam berwirausaha/Berbisnis. Mari kita sedikit ulas tentang Kisah RasulAllah Muhammad SAW dalam berbisnis. Nabi Muhammad SAW selama masa Hidupnya pernah mengalami masa keemasan dan beliau adalah Seorang pebisnis Sukses. Beliau mulai berbisnis sejak usia 12 tahun hingga 40 tahun. Jadi beliau menjalani hidup sebagai pebisnis sukses selama 28 Tahun Dan selebihnya adalah masa keRasulan sebagai suri tauladan kita semua sebagai umat Muslim.
Ketokohan dan kepemimpinan beliau tidak hanya diakui oleh umat islam. Tetapi sudah diakui oleh umat nonislam. Beliau adalah orang yang paling berpengaruh didunia. Beliau sudah mengenal dunia bisnis sejak usia dini. Dimulai dari menggembala Kambing, dan meningkat ke-Level yang lebih tinggi. Pada waktu itu Beliau masih berusia 12 Tahun dan Beliau di Ajak oleh pamannya Abu Thalib untuk berdagang di Negeri Syam. Disitulah Awalannya Nabi Muhammad SAW mengenal Bisnis secara serius, dan Menjadi Enterprenur Sejati. Hingga beliau mendapat reputasi yang sangat baik bagi penduduk Negri tersebut. Reputasi-reputasinya adalah sebagai Orang yang Terpercaya (Al-Amin) di dalam Perdagangannya maupun di Kehidupan sehariannya. Pada usia 17 Tahun Nabi Muhammad SAW sudah di beri mandat penuh oleh pamannya untuk Berdagang dari dagangannya. Hingga usia 20 tahun beliau sudah hampir menguasai Pusat Bisnis Global di Jamannya. Kalo sekarang ( Irak, Yordania, Bahrain, Suriah, dan Yaman).
Sedikit ulasan diatas, memberi gambaran kepada kita bahwa beliau memang sedari dini sudah terjun dalam dunia bisnis. Bayangkan pada usia 20 tahun saja, beliau sudah hampir menguasai bisnis di beberapa negara. Yang pada saat itu kendaran tercepat yang digunakan adalah unta. Kebayangkan jalannya unta kayak gimana ? tidak seperti sekrang yang banyak bertebaran jasa- jasa pengiriman barang. So, bagi sahabat- sahabat yang ingin berbisnis, kita sudah diberi contoh untuk berbisnis sedari dini, dengan membangun kejujuran yang berbuah kepercayaan.Mari kita renungi sejenak dan perbandingkan dengan diri kita masing- masing serta dengan segala fasilitas yang serba mudah dan canggih. Malu rasanya karena kita belum bisa berbuat banyak. Tapi yang lalu biarlah berlalu cukup dijadikan pelajaran. kan ada istilah “ Yesterday is history, Tomorrow is mistery, and today is Present day “ . Lakukan yang terbaik saat ini bukan nanti, mumpung lagi ingat mari kita berbuat banyak dan memberi manfaat. 

rujukan : http://rahasiabisnisrasulullah-sofyan.blogspot.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar