Kamis, 05 Juni 2014

20 Pengusaha Menanggug 1000 Orang


Sahabat, kali ini saya akan mencoba berbagi tentang peran pengusaha. Mungkin sahabat pernah mendengar tentang jumlah minimal pengusaha dalam suatu negara supaya ideal untuk berkembang adalah sekitar 2% dari total jumlah penduduknya. Nanti saya akan sedikit ulas disini, hal ini akan berkaitan tentang asas kebermanfaatan dan makna pengu
Baik langsung saja deh ya,
Dalam bisnis ada yang namanya peran, misalnya peran sebagai owner dan berperan sebagai karyawan. Dalam hal ini tidak ada yang paling menonjol, merasa saya yang paling berjasa atau merasa yang paling yang lainnya. Yang perlu ditanamkan adalah berbagi peran, berperan sebagai owner, produksi, distribusi, marekting, administrasi dll.  Sehingga akan menumbuhkan team work dan rasa saling memiliki. Peranan seorang pengusaha yang paling baik adalah peranan untuk memberi manfaat sebanyak- banyaknya. Insyallah dengan demikian akan mulia di sisi Allah SWT.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. David McCelland dari Harvard University dalam bukunya “The Achieving Society”, suatu negara dapat mencapai kemakmuran dan kesejahteraan jika minimal 2% dari jumlah penduduknya menjadi pengusaha. Minimal jumlah pengusaha 2% dari jumlah penduduk suatu negara, Kenapa ? Mungkin ini pertanyaan yang muncul, Mari kita coba kupas.  Kita misalkan jumlah penduduk 1000 orang. Jumlah pengusaha =  2% x 1000 = 20 orang. Dengan asumsi setiap pengusaha memiliki karyawan 10 orang. Jadi 20 x 10 (karyawan) = 200 karywan. Dengan asumsi bahwa setiap karyawan memiliki tanggungan hidup 4 orang ( 2 anak, 1 istri, 1 orangtua ) maka 200 (karyawan) x 4 = 800 orang. Dengan demikian jumlah orang yang di tanggung oleh 20 pengusaha adalah 200 (karyawan ) + 800 = 1000 orang. Jadi dengan perhtiungan demikian, maka 20 pengusaha dapat menanggung jumlah seluruh penduduk yang jumlahnya 1000 orang. Dari sinilah angka 2% ini muncul untuk mencapai negara ideal yang berkembang. Nah indonesia masih kekurangan pengusaha, dilansir dari Sindonews.com 19 september 2013- Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Chairul Djamhari menyebutkan, jumlah pengusaha di Indonesia hanya sekitar 1,26 persen. Dan nilai ini pun mungkin akan berbeda tergantung statistik dan lembaga survey. Dan menurut saya, nilai ini pun masih bersifat bias, dengan melihat kondisi indonesia yang masih banyak rakyat miskin dimana- dimana yang masih jauh dari kata sejahtera. Mungkin nilai aslinya tidak mencapai 1%. Sebagai perbandingan, Amerika memiliki pengusaha lebih dari 11 %, Singapura 7,2%, Jepang dan China lebih dari 7%.
Beribu- ribu tahun yang lalu Nabi Muhammad SAW telah menyampaikan dalam salah satu hadithnya beliau bersabda, “9 dari 10 Pintu Rezeki itu berasal dari perniagaan (perdagangan)” (HR. Tirmidzi).
Terdapat pesan implisit, bahwa jika banyak pengusaha maka negara akan sejahtera. Dengan kondisi sekarang, Indonesia masih memerlukan para pengusaha. Pengusaha yang memiliki akhlak mulia. Yang mampu memberdayakan masyarakat disekitarnya. Setiap orang memiliki pilihan dan peranan masing- masing. Yang berperan sebagai pengusaha silahkan tebar manfaat , yang berperan sebgai guru, dosen, satpam, gubernur dll silahkan terbar manfaat. Suatu saat nanti, kita akan menuai hasil dari benih yang telah kita tanam bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar